Tidak seperti kebanyakan mobil pada umumnya, kendaraan luar jalan dilengkapi dengan penggerak empat roda. Ini berarti bahwa tenaga dari mesin disalurkan ke keempat rodanya bukan hanya dua roda dibelakang atau di depan. Ini membantu mendorong dan menarik kendaraan luar jalan tersebut disegala jenis rintangan berat. Karena meningkatnya kemungkinan terbalik dalam kondisi seperti, kebanyakan pengemudi mobil luar jalan berada didalam kerangka pelindung.
Dalam mengemudikan mobil luar jalan selalu ada bahaya yang mengancam bagian bawah mobil berupa kerusakan karena benturan dengan batu atau gundukan kecil ditanah. Untuk melindungi dari bahaya ini, kendaraan luar jalan jauh lebih tinggi dari tanah daripada kendaraan biasa.
Ban-ban yang sangat lebar dengan batikan yang dalam juga dipasang pada kendaraan ini untuk meningkatkan cengkeraman saat mendaki bukit dan di daerah berlumpur. Kendaraan ini juga memiliki lebih banyak roda gigi rendah untuk membantu mengatasi kondisi tersebut, serta memiliki suspensi lebih kuat untuk mengatasi semua guncangan.
Ada banyak jenis kendaraan luar jalan dintaranya adalah dune buggy dikendarai dipantai, jip digunakan ketika melalui jalur yang kasar dan jalan yang belum diratakan, truk monster dapat dikemudikan disemua medan.
Mobil biasa yang digunakan dijalan kadang-kadang diubah menjadi mobil balap luar jalan dengan menambahkan semua kelengkapan diatas. Banyak benda yang digunakan untuk meningkatkan kenyamanan dihilangkan, seperti karpet, kursi penumpang depan dan belakang, dan kadang-kadang sebagian besar kaca jendelanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar