Minggu, 18 Desember 2011

Kuliner-kuliner khas Bangkalan


Banyak terdapat kuliner-kuliner khas bangkalan yang wajib untuk dicicipi jika berkunjung ke daerah ini. Bangkalan mempunyai makanan khas yang tentunya enak dan juga unik. Seperti Sate, Soto dan Soto rujak yang rasanya mantap abiiiis dan dijamin akan membuat kita ketagihan untuk mencicipi kembali.
            Madura, khususnya dikabupaten Bangkalan sendiri mempunyai kuliner andalan yang bias membuat lidah bergoyang. Salah satunya adalah Sate Madura. Menu ini disajikan dengan sambal kacang yang akan menambah cita rasa yang lebih nikmat. Biasanya Sate Madura terdiri dari daging sapi atau kambing juga ayam. Tetapi sebagian orang tidak menyukai sate daging kambing karena bias menambah tekanan darah tinggi dengan cepat. Sehingga jika kita mempunyai tekanan darah yang relatif tinggi, dokter menganjurkan agar kita tidak mengkonsumsi daging kambing tersebut.
Soto Madura juga sudah sangat terkenal didaerah pembuatannya. Bahkan banyak orang asli Madura yang mendirikan Kedai yang menyediakan menu berkuah tersebut. Soto Madura identik dengan rasa kuahnya yang khas. Biasanya soto Madura ini disajikan dengan ketupat atau masyarakat Madura menyebutnya dengan istilah “lontong”, perasan jeruk nipis dan taburan bawang goreng yang menambah lezatnya menu yang satu ini.
Menu yang satu ini sangatlah unik karena menu ini disajikan dengan dua menu makanan sekaligus yang disulap menjadi suatu menu makanan dalam satu piring yang sangat menarik untuk kita cicipi yaitu Soto Rujak khas daerah tempat tinggalku yakni Kamal. Proes pembuatannya cukup sederhana yaitu dengan menyediakan soto dagingyang sudah dimasak. Kemudian, untuk rujaknya kita hanya perlu menyediakan kacang tanah yang sudah digoreng, untuk bumbunya dimana bumbu tersebut merupakan inti olahan makanan yang memadukan berbagai sayuran didalamnya seperti kangkung, tauge, mentimun, dll. Kemudian kedua olahan tersebut disajikan dalam satu piring yang diawali dengan menaruh rujak terlebih dahulu yang kemudian rujak tersebut akan disiram dengan lezatnya kuah soto daging dengan perasan jeruk nipis dan taburan bawang goreng pastinya.
Itulah beberapa menu makanan khas Bangkalan. Jika ingin berkunjung ke kota tercinta kami ini, jangan lupa untuk  mencicipi menu-menu makanan khas Bangkalan yang tentunya enak dan saying untuk kita lewati. Dan jangan lupa cicipi juga soto kikil yang terdapat di Bangkalan khususnya didaerah Senenan. Karena menu ini tak kalah menarik untuk kita cicipi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar